04
Sat, Jul

(Foto: Istimewa)

News
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

LEBAK - Dalam Rangka memberikan pelayanan Prima Kepada masyarakat Nelayan di Banten Wilayah Selatan, Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten Wilayah Selatan Bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) 3 Labuan, membuka gerai layanan Izin Tanda Kebangsaan Kapal dengan bobot kurang dari 10 gross ton (GT) untuk masyarakat nelayan di Bayah Barat, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten Wilayah Selatan, Deri Permana Hadiawan menjelaskan, pengukuran dan penerbitan sertifikasi kapal ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat khususnya nelayan, agar para nelayan mempunyai surat kepemilikan pada kapalnya.

"Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat nelayan, setiap kapal yang terdaftar dan berlayar di laut wajib memiliki Surat Tanda Kebangsaan Kapal (PAS Kecil), termasuk bagi kapal di bawah GT 10 yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran," Kata Deri Permana Handiawan, Dalam sambutannya, saat membuka Gerai Terpadu dihadapan Para Nelayan, di Kantor Desa Bayah Barat Pada Kamis (20/02).

Dengan mengantongi Pas Kecil dan sertifikat, Lanjut Deri, kapal tersebut telah memenuhi syarat kelayakan operasi dan keselamatan. Dengan sertifikat tersebut nelayan dapat memiliki landasan hukum dalam mengajukan bantuan peralatan melaut.

"Ada 18 TPI yang menjadi tugas kami, untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang selama ini belum selesai. Bayah ini TPI pertama yang kita adakan kegiatan pembuatan PAS kecil ini," Papar Deri.

Layanan Izin Tanda Kebangsaan Kapal ini, akan berlangsung hingga 5 Minggu kedepan, dan untuk menyelesiakan persoalan yang ada, semua pihak harus bersinergitas.

"Kami mohon untuk kerjasamanya, untuk mendapatkan data para nelayan dan wilayahnya, kegiatan ini akan terus berjalan. dan untuk yang belum bisa melengkapi persyaratan bisa kami tunggu sampai lima minggu kedepan, kalo yang sudah lengkap, bisa selesai hari ini juga." Paparnya.

Penyelenggaraan Gerai Pas Kecil yang dilaksanakan tanpa dipungut biaya ini mendapat sambutan dan antusiasme para nelayan yang cukup tinggi.

"Allhamduillah terbantu sekali, bertahun tahun jadi nelayan, baru kali ini punya surat-surat, ya berharap sih kegiatan yang seperti ini bisa terus berlanjut," Ujar Adi, Nelayan Bayah.

Dihari pertama gerai layanan Izin Tanda Kebangsaan Kapal dengan bobot kurang dari 10 gross ton (GT), Petugas sudah menyelesaikan 58 permohonan. (*)