World AIDS Day 2021: Akhiri Ketidaksetaraan, Akhiri AIDS

0
111

[BANTENESIA.COM] – Hari Acquired Immune Deficiency Syndrom (AIDS) Sedunia diperingati setiap 1 Desember. Tema peringatan Hari AIDS Sedunia untuk tahun ini adalah ‘Akhiri Ketidaksetaraan, Akhiri AIDS’.

Merupakan gejala infeksi yang muncul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia. Rusaknya sistem kekebalan tubuh tersebut diakibatkan oleh infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Namun HIV dan AIDS itu berbeda, HIV merupakan virus yang menyerang sel-sel di dalam tubuh yang berperan melawan infeksi, sedangkan AIDS fase terberat dari infeksi HIV yang menyebabkan gangguan kekebalan tubuh, terutama sel darah putih (CD4) antibody.

Orang dengan AIDS memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat buruk, sehingga sangat rentan terkena penyakit dan masalah kesehatan lainnya yang fatal (Infeksi Oportunistik).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa orang yang terkena penyakit AIDS, sangat bahaya sekali untuk ketahanan hidupnya.

Sejak saat itulah pada setiap tahunnya diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia dengan tujuan untuk mengedukasi dan mengkampanyekan bahayanya HIV/AIDS yang menyerang manusia. Pada dua tahun perayaan Hari AIDS Sedunia ini difokuskan kepada anak-anak dan remaja.

Penting bagi kita untuk menghindari HIV/AIDS dan faktor risikonya, tapi bukan penderitanya yang kita jauhi.

Sebagai informasi lain, Pita merah atau disebut juga Pita Kesadaran adalah Simbol Solidaritas untuk orang-orang yang mengidap penyakit HIV/AIDS.

Selain itu, pita merah juga sebagai simbol kesadaran dan pencegahan HIV/AIDS, Penyalahgunaan Narkoba dan Mengemudi dalam keadaan Mabuk. Stay Healthy! . (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here