Kreatif, TP-PKK Kelurahan Taman Baru Sulap Minyak Jelantah jadi Pembersih Lantai

0
91

[BANTENESIA COM], Kota Serang – Minyak jelantah biasanya dibuang karena merupakan limbah rumah tangga. Namun, di tangan para kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, minyak bekas pakai ini diubah menjadi barang yang bermanfaat.

Kepala Kelurahan Taman Baru Afifudin mengatakan, pelatihan daur ulang minyak jelantah baru untuk di Kelurahan Taman Baru. Adapun produk yang dihasilkan yaitu cairan pembersih lantai.

“Jadi kita sebenernya baru tahap merangsang yah, agar Ibu-ibu agar kreatif gitu. Nanti kita lihat, dari pelatihan itu kita coba dulu mengumpulkan minyak jelantahnya tadi sih bilangnya minimal 4 dirigen baru bisa diolah dengan maksimal,” kata Lurah Milenial saat ditemui Bantenesia.com , Kamis (26/8).

“Nanti kita liat perkembangannya, apakah antusias yang tadi ditunjukan itu diterapkan di lingkungannya masing-masing. Hasilnya nanti kita sepakati apakah mau di olah apa emang cuma didistribusikan dulu,” masih Afifudin.

Dirinya berharap, pemberdayaan ini untuk menumbuhkan usaha-usaha baru di tengah PPKM Pandemi Covid-19.

“Namanya pemberdayaan masyarakat yah, harapan kita sih dengan adanya pelatihan tersebut kitanya bisa melaksanakan dengan mengolah sendiri sehingga membuka peluang ekonomi dengan usaha ini,” harapnya.

Sebagai informasi lain, pelatihan pembersih lantai dari minyak jelantah ini dihadiri perwakilan dari Disperdaginkop UKM dan didiikuti 50 peserta dari kader PKK, Pemuda Penggerak lingkungan yang dibawah naungan Karang Taruna. (AR_29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here