Kampung Resik Lan Aman, Indahkan Lingkungan Kelurahan Taman Baru

0
123

[BANTENESIA.COM], kota Serang – Dalam rangka memperindah lingkungan, Pemerintah Kota Serang tengah mengadakan program Kampung Resik Lan Aman (KRLA). Di mana, setiap kelurahan harus menata tempatnya seindah mungkin.

Di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Lurah Taman Baru Afifudin mengerahkan seluruh masyarakatnya untuk menghias (Lingkungan RT yang diikut sertakan lomba) di wilayah kelurahan tersebut. Hasilnya, bisa disaksikan Kelurahan Taman Baru menjadi indah dengan dibuatnya Spot-spot untuk Berfoto, Taman Baca Masyarakat (TBM), Taman Herbal, Agro Wisata Jahe, penanaman Bunga-Bunga, pemasangan Pagar dan Ban-ban dengan Cat-cat warna warni serta hiasan lainya.

Di Kelurahan Taman Baru juga telah disediakan bak-bak sampah agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Karena telah disediakannya bak sampah dan tempat Cuci tangan karena wajib juga mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) juga Masker, Lurah Taman Baru meminta agar masyarakat dapat memfungsikannya dengan baik.

“Sekarang kan sudah ada tempat sampah, jadi jangan buang sampah sembarangan. Tolong masukan kedalam tong sampah yang sudah disediakan itu. Jadi, halaman itu bersih sesuai namanya bersih dan aman,” ujarnya Lurah Milenial kepada bantenesia.com , Senin (30/8).

Selain itu, Lurah juga meminta agar semua hiasan dapat dijaga dengan baik, terutama tanaman bunga-bunga cantik, tanaman herbal agar selalu dijaga dengan cara rutin disirami air.

“Tolong ini dijaga khususnya Ketua RT, Ketua Pemuda jangan sampai mati bunganya, tanaman herbalnya. Disiram semaksimal mungkin. Sekarang sudah bagus, jadi biar makin nambah bagus lagi bunga-bunganya dan tanaman herbalnya itu” terangnya.

Semua itu, kata Afifudin, perlu dilakukan agar penilaian Kampung Resik Lan Aman berjalan dengan baik, dan sesuai tujuannya, agar kampung dilingkungan Kelurahan Taman Baru, RT 17, RT 21, RT 23, RT 24, RT 25 dan RT 26 juga RT lainnya yang belum diikutsertakan terlihat makin indah.

“Jangan sampai, setelah penilaian program tersebut berhenti, keberlanjutan menjaga keindahan kampung diwilayah Kelurahan Taman Baru juga terhenti, Kampung Resik Lan Aman harus tetap dilanjutkan meski programnya sudah selesai,” harapnya.

Sementara itu, salah satu RT di lingkungan kampung Lebak Jero Jagir Lanang RW. 08 wilayah Kelurahan Taman Baru. Ketua RT 26 Heri Suheri menjelaskan, keguyuban warga dan pemuda menjadi kunci terciptanya Kampung Resik Lan Aman di lingkungannya.

“Alhamdulillah, penilaian Kampung Resik Lan Aman di RT Kami sudah dilaksanakan, antusias warga pun dari awal di informasikan oleh Pak Lurah siap dan semangat atas dasar keguyuban. Tadi pihak Juri pun sempet bilang meng-Apresiasi, pas Saya ceritakan awalnya lokasi penilaian ini lahan kosong dan menjadi tempat sampah masyarakat. Nah, atas dasar kesadaran Kami menyulap menjadi ini yang seperti liat sekarang, menjadi Taman yang Indah,” pungkasnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here