Ini Tema Hari AIDS Sedunia Tahun 2020

0
178

[BANTENESIA.COM] – 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia yang merupakan hari kesehatan global pertama. Ini adalah kesempatan bagi orang-orang di seluruh dunia untuk bersatu dalam memerangi HIV, menunjukkan dukungan mereka kepada orang dengan HIV, dan mengingat mereka yang telah meninggal karena penyakit terkait HIV.

Tema yang diangkat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam Hari AIDS Sedunia tahun ini adalah “Global Solidarity, Resilient Services.” WHO dan para mitra memberikan penghormatan kepada semua orang yang bekerja untuk menyediakan layanan HIV.

WHO juga menyerukan kepada para pemimpin global dan warga untuk menggalang “solidaritas global” mempertahankan layanan penting untuk HIV selama COVID-19.

Dunia telah membuat kemajuan yang signifikan sejak akhir 1990-an, tetapi HIV tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat. Seperti banyak masalah kesehatan lainnya, HIV juga menghadapi tantangan tambahan selama pandemi COVID-19.

Layanan pencegahan, pengujian, pengobatan dan perawatan HIV semuanya terganggu terutama di negara-negara dengan sistem kesehatan yang rentan. Hancurnya layanan penting HIV karena COVID-19 mengancam nyawa.

Setiap hambatan dalam penyediaan layanan ini akan membuat banyak populasi rentan pada risiko yang lebih besar terhadap infeksi HIV dan kematian terkait AIDS.

Namun demikian, di seluruh dunia, petugas kesehatan dan perwakilan masyarakat melakukan yang terbaik untuk menjaga layanan tetap berjalan, mengadopsi cara-cara inovatif untuk mengatasi gangguan pada layanan yang disebabkan oleh COVID-19.

Pada tanggal 1 Desember, WHO menyerukan kampanye HIV pada kelompok rentan yang sudah berisiko dan memperluas cakupan ke anak-anak dan remaja.

Pada tahun 2020, WHO juga ingin memberikan perlindungan dan dukungan bagi para petugas kesehatan yang telah lama berada di garis depan dalam pemberian layanan HIV. Semua orang dapat berkontribusi pada upaya penanggulangan AIDS dan menjadikan dunia tempat yang lebih sehat.

Cara Memperingati Hari AIDS Sedunia 2020

Mitra dan organisasi dapat menggunakan sumber daya kampanye “Let’s Stop HIV Together” untuk menyoroti cara mengurangi stigma HIV dan mempromosikan pencegahan, pengujian, dan pengobatan.

Kampanye “Let’s Stop HIV Together” mencakup sumber daya dan kemitraan yang ditujukan untuk menghentikan stigma HIV dan mempromosikan pengujian, pencegahan, dan pengobatan HIV. Kampanye ini merupakan bagian dari Prakarsa Mengakhiri Epidemi HIV (EHE) nasional.

“Let’s Stop HIV Together” memberdayakan komunitas, mitra di lapangan, dan penyedia layanan kesehatan untuk mengurangi stigma di antara semua orang AS, mencegah HIV di antara populasi yang paling terpukul, dan membantu orang dengan HIV tetap sehat.

Kamu bisa membantu kampanye dengan membagikan postingan dan gambar yang soal kampanye “Let’s Stop HIV Together” di media sosial. Kamu bisa memasukkan tagar #WorldAIDSDay / #WAD2020 dan #StopHIVTogether untuk membuat trending konten Hari AIDS Sedunia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here