Bikin Nangis Man City, Chelsea Juara Liga Champions

0
288

[BANTENESIA.COM] – Chelsea menyabet gelar juara Liga Champions setelah menaklukkan Manchester City 1-0 dalam final , Minggu (30/5/2021) dini hari WIB, di Stadion Dragao, Porto, Portugal. Gol yang membawa pasukan Thomas Tuchel membawa trofi ke London dilesakkan Kai Havertz pada menit ke-42.

Ini merupakan gelar Liga Champions yang kedua bagi Chelsea. Gelar pertama mereka rebut tahun 2012. Bagi pelatih Thomas Tuchel ini juga merupakan penebusan setelah musim lalu gagal di final bersama Paris Saint-Germin. Dia juga menjadi pelatih asal Jerman yang berturut-turut menjadi kampiun di kejuaraan ini setelah Juergen Klopp tahun 2019 dan Hansi Flick pada 2020.

Dalam final yang digelar di Stadion Dragao ini, pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengusung formasi 4-3-3. Dia memasang trio Riyad Mahrez, Raheem Sterling, dan Kevin De Bruyne di lini depan. Mereka ditopang barisan lini tengah Bernardo Silva, Ilkay Gundogan, dan Phil Foden.

John Stones dan Ruben Dias dipercaya menjaga jantung pertahanan. Di lini belakang mereka didampingi Kyle Walker di sisi kanan serta Oleksandr Zinchenko di kiri. Penjaga gawang tetap dipercayakan kepada Ederson.

Sementara di kubu Chelsea, pelatih Thomas Tuchel, mengusung formasi 3-4-2-1. Timo Werner menjadi ujung tombak tunggal dengan Mason Mount dan Kai Havertz di belakangnya.

Sementara di lini tengah diisi Cesar Azpilicueta, N’Golo Kante, Jorginho, dan Ben Chilwell. Tuchel juga menurunkan tiga pemain di lini pertahanan yakni Reece James, Thiago Silva, dan Antonio Rudiger. Mereka mengawal kiper Edouard Mendy.

Man City berinisiatif menyerang sejak menit pertama. Menit kedelapan, pasukan Guardiola memiliki peluang lewat Raheem Sterling yang berhasil merangsek pertahanan sisi kanan. Namun upayanya dihalangi Reece James dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Dua menit kemudian, striker Chelsea Timo Werder, memiliki kesempatan. Namun dia gagal mengeksekusi bola dengan baik. Tak lama kemudian penyerang asal Jerman ini juga mendapat peluang emas namun tendangannya ditangkap dengan sempurna oleh kiper Ederson.

Menit ke-17, Chelsea menekan melalui gelandang N’Golo Kante yang menyundul bola umpan silang Ben Chilwell. Namun bola tandukan pemain asal Prancis ini melambung dari sasaran.

Menit ke-38, Chelsea harus menarik bek Thiago Silva akibat cedera. Pemain asal Brasil ini digantikan Andreas Christensen.

Chelsea akhirnya mengakhiri kebuntuan pada menit ke-42 melalui aksi Kai Havertz. Gol berawal dari serangan balik. Mason Mount mengalirkan umpan terobosan kepada Kai Havertz. Pemain asal Jerman ini sempat diadang kiper Ederson, namun berhasil melewatinya dan melesakkan bola ke gawang yang kosong dengan kaki kiri.

Skor 1-0 untuk keunggulan bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga: Gol Kai Havertz, Bawa Chelsea Ungguli Man City di Babak 1

Memasuki babak kedua, Manchester City berupaya bangkit setelah tertinggal. Mereka terus berupaya menyerang. Namun penyerang andalan mereka, Kevin De Bruyne, mengalami cedera karena bertabrakan dengan bek Chelsea Antonio Rudiger. Pemain asal Belgia itu pun harus ditarik keluar dan digantikan Gabriel Jesus.

Menit ke-68, Foden dengan brilian melewati adangan Rudiger dan memberikan umpan kepada Mahrez di sisi kanan. Dia memberikan umpan silang yang bagus ke dalam kotak enam yard dan Jesus menunggu di tiang jauh untuk melakukan tendangan tetapi Azpilicueta meluncur memblok bola.

Menit ke-73, Chelsea kembali mendapat peluang. Mereka menyerang dengan cepat melalui serangan balik dengan Havertz melewati lini tengah dan bek City tidak bisa mendekatinya. Dia mengirimkan bola untuk Pulisic, yang berhasil melewati Dias sebelum melepaskan tembakannya ke arah Ederson, tetapi tendangannya melebar dari tiang jauh.

Sepanjang pertandingan, penyerang City, Raheem Sterling, dibuat kesulitan oleh Reece James. Berulangkali upaya mantan pemain Liverpool itu dihentikan oleh James.

Guardiola akhirnya memasukkan striker Sergio Aguero pada menit ke-77. Pemain yang akan hengkang pada akhir musim ini masuk menggantikan Raheem Sterling.

Pada menit ke-90, Man City mendapat peluang bagus. Sebuah umpan silang yang sangat bagus dikirim ke dalam kotak enam yard oleh Dias di sebelah kiri. Chilwell meluncur di tiang jauh tetapi bola masih bisa diambil Jesus. Dia kembali mengirim upan untuk Aguero di tengah, tetapi para bek Chelsea mengerumuninya dan menahannya.

Hingga pertandingan usai, Chelsea berhasil mempertahankan keunggulan dan berhak atas “Si Kuping Lebar” dan akan menghiasi markas mereka di Stamford Bridge.

Susunan pemain:

Manchester City (4-3-3): 31 Ederson; 2 Kyle Walker, 5 John Stones, 3 Ruben Dias, 11 Oleksandr Zinchenko; 8 Ilkay Gundogan, 20 Bernardo Silva (25 Fernandinho 64), 47 Phil Foden; 26 Riyad Mahrez, Kevin De Bruyne (9 Gabriel Jesus 60), 7 Raheem Sterling (10 Sergio Aguero 77).

Chelsea (3-4-2-1): 16 Edouard Mendy; 28 Cesar Azpilicueta, 6 Thiago Silva (4 Andreas Christensen 39), 2 Antonio Rudiger; 24 Reece James, 7 N’Golo Kante, 5 Jorginho, 21 Ben Chilwell; 19 Mason Mount (17 Mateo Kovacic 80), 29 Kai Havertz; 11 Timo Werner (10 Christian Pulisic 66).

Statistik Manchester City vs Chelsea

Sumber: UEFA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here