BGS Selenggarakan Diklat Satpam GM, Ditbinmas Polda Banten: Lanjutkan

0
236

[BANTENESIA.COM] – Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) PT Bima Global Security (BGS) Cabang Banten menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi Satuan Pengamanan (Satpam) kualifikasi Gada Madya (GM) pola 160 Jam Pelajaran (JP), diikuti sebanyak puluhan peserta, di Puri Kayana Hotel, Kota Serang, Banten, Senin (20/6).

Diklat GM ini merupakan perdana yang diadakan oleh BUJP yang berkantor di Jl. Raya Cilegon Km 4 Perumahan Serang City Blok A10, Drangong, Taktakan, Kota Serang, Banten.

Acara dibuka oleh Kasubdit Polsus Satpam AKBP Trilaksono, mewakili Dirbinmas Polda Banten. Disaksikan langsung oleh Direktur Operasional PT BGS Melky Yourdan, Kepala Cabang (Kacab) Banten PT BGS Puspa Juwita, serta perwakilan pihak Ditbinmas Polda Banten lainnya.

Melky Yourdan menjelaskan bahwa Diklat Satpam GM penting dilakukan mengingat situasi di lapangan terkait Jenjang Karir dan Kompetensi antar BUJP yang ada di Banten.

Selain itu, Satpam GM juga memiliki nilai tersendiri dan berbeda dengan Satpam Gada Pratama (GP), mulai dari pemberian JP hingga pemantapan karakter bagi peserta Diklat.

“Materi secara khusus yaitu terkait Leadership (REd: Kepemimpinan), termasuk pengalaman di lapangan dan studi kasus sebagai dasar apabila dia ditunjuk sebagai Komandan Regu (Danru). Sehingga mereka akan bisa dan terbiasa menangani permasalahan yang ada di lokasi masing-masing,” paparnya.

Ia menegaskan bahwa pihaknya akan selalu siap menghadapi berbagai tantangan ke depan, termasuk mengadakan Diklat Gada Utama (Gadut), tingkat paling tertinggi bagi anggota Satpam.

Oleh karena itu, Melky berpesan kepada jajarannya agar Diklat Satpam GM ini tidak berhenti di sini, justru harus berlanjut dan meng-Upgrade ke angkatan berikutnya.

“Tinggal dilanjutkan saja dan hasil angkatan pertama ini harus dievaluasi sehingga ada perbaikan ke depan dan timbul angkatan kedua dan seterusnya. PT BGS akan selalu siap mengikuti tantangan ke depan, termasuk di tingkat Gada Utama. Kita harus melebihi BUJP-BUJP di Provinsi Banten ini,” tandasnya.

Senada dikatakan Melky, AKBP Trilaksono juga berharap PT Bima Global Security dapat juga melanjutkan Diklat Satpam Gada Madya ke angkatan berikutnya. Sehingga BUJP BGS dapat mencetak Danru-danru yang lebih Profesional, lebih Kompetens untuk menghadapi tantangan tugas yang semakin hari semakin kompleks.

“Satpam Gada Madya diharapkan lebih mumpuni sehingga menjadi suri tauladan dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Julukannya juga Supervisor atau setingkat managerial, jadi harus berkualitas,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa Polda Banten terkait pengawasan satpam berada di bidang Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas). Seluruh Satpam yang bekerja di wilayah hukum Polda Banten harus mempunyai legalitas melalui Diklat, baik GP maupun GM.

“Diklat Satpam kualifikasi Gada Madya merupakan Diklat lanjutan dari Gada Pratama untuk membentuk Satuan Pengamanan di tingkat Managerial yaitu setingkat Komandan Regu. Julukannya juga sudah Supervisor, sementara yang Gada Pratama hanya pelaksana. Jadi harus berkualitas,” tutup Tri. (Pou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here