Bersama Media Dukung Pemulihan Ekonomi, BI Banten Gelar Capacity Building

0
44

[BANTENESIA.COM] – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten menggandeng Kelompok Kerja (Pokja) wartawan Ekonomi Bisnis dan Pariwisata (Ekbispar) Banten menyelenggarakan Pelatihan Wartawan Bank Indonesia Provinsi Banten, Jum’at-Minggu (10-12/9) di Novus Jiva Hotel, Anyer, Kabupaten Serang.

Erwin Soeriadimadja selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, mengatakan, program Capacity Building ini merupakan kegiatan rutin diadakan guna meningkatkan kualitas jurnalistik para wartawan ekonomi di Banten.

“Mudah-mudahan ke depannya, media dan BI Banten bisa bergerak bersama mendukung pemulihan nasional dan berkontribusi aktif dalam pemulihan ekonomi Banten,” ucap Erwin saat sambutan di depan para media.

Dalam kesempatan tersebut, Bank Indonesia turut mengundang Wahyu Daniel Pimpinan Redaksi CNBCIndonesia.com, dan Erwin Haryono Kepala Departemen  bidang Komunikasi Bank Indonesia.

Wahyu Daniel dalam paparannya menjelaskan bagaimana cara kerja wartawan ekonomi dalam mendapatkan berita yang berimbang, detail, berbobot dan tentunya mudah dipahami.

Dikatakan Wahyu, seorang jurnalis ekonomi sama seperti jurnalis lainnya, tapi jurnalis ekonomi harus lebih memahami isu-isu yang berkembang di masyarakat, terutama ekonomi mikro yang bersentuhan dengan masyatakat kecil.

“Bahkan seorang wartawan ekenomi bisa mendapatkan inspirasi liputannya dari pembantu rumah tangga tentang naiknya harga sembako seperti cabe, telor dan bawang. Dari sana saja bisa dikembangkan hingga ke tingkat distributor hingga ke pemerintah,” jelasnya pria yang akrab disapa WD itu.

Sementara itu, Erwin Haryono selaku Kepala Departemen Komunikasi BI menyampaikan bahwa dengan dilakukannya Capacity Building ini merupakan proses yang dapat meningkatkan kemampuan seseorang khususnya jurnalis dan suatu instansi.

“Bank Indonesia melakukan pemantauan dan analisis dalam pemberitaan serta menyusun rekomended komunikasi kepada Dewan Gubernur,” ucap Erwin.

Ia berharap jurnalis Banten bersama Bank Indonesia  bisa bersama-sama memberi dampak positif terhadap ekonomi Banten dan membantu para penggiat ekonomi dikalangan masyarakat kecil serta UMKM lebih aktif dan kreatif dalam menciptakan iklim ekonomi yang sehat dan maju. (Pou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here