Bappeda Kota Serang Sosialisasikan Alur Usulan Hibah dan Bansos TA 2022

0
245

[BANTENESIA.COM], Kota Serang – Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 123 tahun 2018 tentang perubahan keempat atas Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 32 tahun 2011 tentang pedoman pemberian Hibah Dan Bantuan Sosial (Hibsos) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diatur tentang pemberian hibah dan bantuan sosial dimana Pemerintah Daerah (Pemda) dapat memberikan hibah sesuai kemampuan keuangan daerah dan dilakukan setelah memprioritaskan pemenuhan belanja urusan wajib dan belanja urusan pilihan.

Hibah merupakan pemberian uang/ barang atau jasa dari Pemda kepada pemerintah pusat atau Pemda lain, Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/ Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan, Lembaga dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang secara spesifik telah ditetapkan peruntukannya, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat, serta tidak secara terus menerus yang bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan Pemda.

Ilustrasi Uang (Foto: Net).*

Pemberian hibah ditujukan untuk menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan Pemda sesuai urgensi dan kepentingan daerah dalam mendukung terselenggaranya fungsi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas, dan manfaat untuk masyarakat.

Sedangkan bantuan sosial adalah pemberian bantuan berupa uang/ barang dari Pemda kepada individu, keluarga, kelompok dan atau masyarakat yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya resiko sosial.

Pemberian bantuan sosial dapat dilakukan setelah memprioritaskan pemenuhan belanja urusan wajib dan urusan pilihan dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas dan manfaat untuk masyarakat.

Berkenaan dengan akan segera dimulainya proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Serang Tahun 2022 dan dengan memperhatikan bahwa telah diberlakukannya implementasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dalam proses tersebut, maka dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat seluruh warga Kota Serang, baik individu ataupun lembaga, dapat berpartisipasi dengan menyampaian usulan-usulan pembangunan dan usulan-usulan berupa bantuan hibah dan bantuan sosial melalui website ke alamat: https://serang.sipd.kemendagri.go.id .

Sementara batas waktu input penyampaian usulan dapat dilakukan mulai 1 Januari 2021 sampai dengan 31 Januari 2021.

Tata cara penginputan usulan dapat dilihat pada website: https://bappeda.serangkota.go.id

Layanan pertanyaan dan konsultasi dapat disampaikan melalui: Bappeda Kota Serang cq. Bidang P2EPD

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 5, (Kawasan Highland Park) Kota Serang Baru (KSB), Kota Serang-Banten 42122, Telpon: (0254) 228718, Email :bappedakoser.bidangp2epd@gmail.com

(Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here