Astra Tol Tamer, Launching Ruang Publik Taman Petak Papat

0
189

[BANTENESIA.COM], Kota Serang – Dalam rangka menyambut HUT Ke-32, Astra Tol Tangerang-Merak (Tamer) menggelar bincang santai bertajuk #AYOBANGKIT Ikhtiar Sehat, Infrastruktur Sehat, Kamis (23/9) di Taman Petak Papat, Gerbang Tol Serang Timur, Panancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang-Banten 42124.

Hadir sebagai narasumber, Walikota Serang Syafrudin yang diwakili Staf Ahli Walikota Toyalis, Presiden Direktur (Presdir) Astra Tol Tamer Kris Ade Sudiyono, Koordinator Serang Running Club (SRC) Rudy dan sebagai host Inez Fahri (Nong Banten 2013).

Alasan fasilitas publik yang diberi nama ‘Taman Petak Papat’ karena mengedepankan konsep bertumbuh.

Taman Petak Papat dibangun di areal seluas 3 hektar sepanjang 1,3 km yang terbentang dari terowongan terondol hingga Pos Polisi Serang Timur tersebut ditumbuhi pepohonan, rerumputan dan tanaman hias.

Presdir ASTRA Tol Tamer, mengungkapkan, Taman Petak Papat ini baru pembangunan tahap awal, pihaknya pun akan mengembangkan menjadi 4 Zona.

Yang pertama yaitu Zona 1 yang berada di terowongan Trondol. Bangunan itu diberi nama Bale Sarengan.

“Di Bale Sarengan ini akan dikembangkan sebagai ruang publik yang mengedepankan pusat kuliner dan fasilitas lokal, dengan konsep tempat berkumpul bersilaturahmi untuk mencari kegembiraan dan kebahagiaan (bagja) bersama (sarengan),” ungkap Kris Ade, kepada media, Kamis (23/9).

Kemudian, lanjut Kris, Zona 4 bangunannya diberi nama Bale Among Rasa, dikembangkan menjadi ruang publik tempat mengolah rasa, sambil bersilatuhrami menikmati pemandangan pesawahan yang asri dan gerbang tol Serang Timur, landscape gapura masuk ke wilayah Serang dan Banten.

Selanjutnya, kata Kris, Zona 2 dan 3, bangunannya diberi nama Bale Bentang Pamekar. Ruang publik ini akan menghubungkan zona 1 dan 4, sehingga bentangnya akan menjadi pemersatu dinamika masyarakat Serang dan Banten, baik untuk aktivitas olahraga, kesenian, ekonomi produktif, maupun sosial kemasyarakatan lainnya.

“Taman Petak Papat juga akan terhubung sarana olahraga.
Kita siapkan Shelter, Jogging Track, yang memungkinkan dari zona 1 sampai zona 4 untuk berolahraga, untuk lari pagi, sepedahan maupun sepatu roda,” jelasnya.

Dengan adanya Taman Petak Papat ini, pihaknya berharap menjadi ruang publik yang sehat dan produktif. Jangan sampai menjadi tempat yang tidak sehat, dalam arti sosial kemasyarakatan.

“Ini bisa terwujud jikalau ada kerjasama dengan pemerintah daerah, pengelola maupun dari masyarakat. Mulai dari parkir, kuliner dan kebersihan, intinya, kami ingin bersama-sama masyarakat untuk mengembangkan ruang publik ini menjadi milik bersama,” tambahnya.

Sebagai informasi lain, PT Marga Mandalasakti (Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, PT MMS) berdiri pada tanggal 4 Oktober 1989 di Jakarta dan mulai beroperasi secara komersil pada tanggal 1 April 1990. PT MMS mengoperasikan ruas jalan tol Tangerang-Merak sepanjang 72.5 km yang menghubungkan Tangerang Barat sampai Merak, ujung barat Pulau Jawa. Jalan tol ini melalui 3 wilayah yaitu Tangerang, Serang, dan Cilegon. Jalan Tol Tangerang-Merak merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

Sejak tahun 2005, PT Astra Tol Nusantara mengakuisisi kepemilikan saham PT MMS secara bertahap, hingga saat ini PT Astra Tol Nusantara memiliki saham sebesar 79,3 % saham atas ruas tol Tangerang – Merak. Semenjak diakuisisi oleh grup Astra Infra, PT MMS berinvestasi dalam jumlah besar untuk revitalisasi jalan dan peningkatan kapasitas serta layanan. (Pou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here