Kabar Baik! Arab Saudi Buka Pintu Jamaah Umrah Indonesia

0
81

[BANTENESIA.COM] – Kabar baik bagi jamaah umrah asal Indonesia. Pintu masuk Arab Saudi sudah dibuka. Dengan demikian, sudah bisa ada perjalanan umrah.

Hal ini dikatakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja Komisi VIII DPR RI di Jakarta. Menyambut baik aturan baru yang diterbitkan otoritas penerbangan Arab Saudi, General Authority of Civil Aviation (GACA)

Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa Arab Saudi sudah mencabut larangan penerbangan dari enam negara. Salah satunya Indonesia terhitung mulai hari ini, Rabu (1/12).

“Sebagaimana kita tahu telah diumumkan terhitung 1 Desember 2021 atau hari ini, Arab Saudi memberikan izin penerbangan langsung kepada enam negara. Yaitu Indonesia, Pakistan, Vietnam, Brazil, Mesir dan India,” tutur Yaqut Cholil Qoumas dari laman resmi website Kemenag RI.

Dengan dicabutnya larangan penerbangan tersebut, berarti Indonesia telah dapat mengirim jamaah umrah ke Arab Saudi.

“Hal ini menunjukkan bahwa suspend Arab Saudi terhadap Indonesia telah dicabut. Warga Indonesia telah diperbolehkan masuk ke Arab Saudi tanpa melalui negara ketiga. Tidak lagi ada persyaratan booster, namun  tetap harus mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan menjalani Karantina Institusional selama lima hari. Ini harus dipatuhi dan menjadi perhatian bersama,” sambungnya.,” jelas Yaqut Cholil Qoumas.

“Dengan pembukaan suspend tersebut maka otomatis penyelengaraan ibadah umroh juga dibuka,” tambah Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Yaqut Cholil Qoumas melanjutkan, pembukaan pintu oleh Arab Saudi bagi penerbangan dari Indonesia adalah hasil lobi-lobi dengan pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Dalam lawatannya ke Arab Saudi memenuhi undangan Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Kerajaan Arab Saudi, Menag Yaqut Cholil Qoumas sekaligus bertemu dengan menteri urusan haji dan umrah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here